10 Hewan Endemi Indonesia Yang Terancam Punah

Indonesia merupakan negara yang memiliki beraneka ragam kekayaan alam. Kekayaan alam flora dan fauna yang ada di wilayah Indonesia terkadang tidak didapat dijumpai di wilayah luar Indonesia atau negara lain.

Pasang

Selain itu kecantikan dan keunikan flora dan fauna yang ada di wilayah Indonesia juga memikat para wisatawan dari berbagai mancanegara untuk datang langsung melihat flora dan fauna yang terdapat di wilayah indonesia. Akan tetapi seiring berjalannya waktu terdapat juga fauna atau hewan asli endemi Indonesia yang terancam punah.

Lantas hewan apa sajakah yang terancam punah? Berikut informasi daftar hewan yang terancam mengalami kepunahan.

10 Hewan Endemi Indonesia Yang Terancam Punah

1. Orang Utan

10 Hewan Endemik Indonesia Yang Terancam Punah

Orang utan merupakan hewan endemi asal Indonesia yang habitatnya berada di pulau kalimantan dan pulau sumatra. Hewan yang satu ini termasuk dalam golongan jenis bangsa kera yang memiliki kemiripan dengan manusia.

Populasi orang utan yang ada di Indonesia semakin sedikit. Diperkirakan populasi orang utan di Indonesia tinggal 35.000 sampai 55.000 individu. Adapun hal yang menyebabkan populasi orang utan tinggal sedikit yakni adanya penrusakan dan perburuan liar yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

2.Harimau Sumatra

10 Hewan Endemik Indonesia Yang Terancam Punah

Panthera tigris sumatrae atau yang lebih dikenal dengan harimau sumatra juga termasuk dalam hewan yang terancam punah. Harimau yang habitatnya di pulau sumatra ini merupakan satu dari enam jenis harimau yang masih hidup dan terancam mengalami kepunahan.

Penggundulan hutan dan perluasan lahan untuk perkebunan kelapa sawit menjadi penyebab populasi harimau sumatra tinggal sedikit. Oleh karena itu diperkirakan populasi harimau sumatra yang berada di alam liar wilayah Indonesia tinggal 300 sampai 400 ekor.

3.Komodo

10 Hewan Endemik Indonesia Yang Terancam Punah

Komodo merupakan hewan endemi asal Indonesia yang dapat dijumpai di pulau komodo Nusa Tenggara Timur. Hewan yang satu ini termasuk dalam spesies kadal raksasa yang panjangnya mencapai 2-3 meter dann beratnya bisa mencapai 100 kg.

Hal yang menyebabkan populasi komodo tinggal sedikit yakni kerusakan habitat, kebakaran hutan, dan perburuan gelap. Selain itu dikabarkan juga populasi komodo tinggal 3000 ekor dan komodo juga termasuk dalam hewan yang dilindungi.

4. Anoa

10 Hewan Endemik Indonesia Yang Terancam Punah

Hewan selanjutnya yang terancam mengalami kepunahan yakni Anoa. Hewan yang satu ini merupakan hewan endemi pulau sulawesi dan dapat dijumpai di Sulawesi Tenggara. Anoa termasuk dalam jenis banteng yang memiliki tubuh kecil.

Anoa terancam punah diakibatkan oleh perburuan liar untuk dikonsumsi oleh manusia yang tidak bertanggung jawab. Diperkiran populasi dari hewan anoa tinggal 2.5000 ekor saja. Anoa juga termasuk dalam hewan yang dilindungi oleh pemerintah.

5. Burung Maleo

10 Hewan Endemik Indonesia Yang Terancam Punah

Maleo Senwakor atau yang biasa disebut dengan sebutan burung Maleo merupakan spesies burung gosong yang memiliki ukuran tubuh sedang. Burung maleo memiliki habitat asli di pulau sulawesi yang lebih tepatnya di provinsi Gorontalo.

Burung maleo memiliki keunikan tersendiri yakni memiliki ukuran telur yang lebih besar dari telur ayam dan anakan burung maleo yang baru menetas sudah pandai untuk terbang. Namun populasi burung ini hanya mencapai 10.000 ekor dan adanya perburuan telur maleo secara liar membuat burung maleo terancam mengalami kepunahan.

6. Badak Bercula Satu

10 Hewan Endemik Indonesia Yang Terancam Punah

Badak jawa atau badak bercula satu merupakan satu dari lima jenis badak yang masih bertahan hidup. Badak jawa atau badak cerula satu dapat dijumpai di taman nasional Ujung kulon.

Populasi dari hewan yang satu ini diperkirakan hanya tinggal 50 sampai 60 ekor. Adapun yang membuat populasi badak jawa atau badak bercula satu ini menurun yakni adanya perburuan cula badak yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk dijadikan obat tradisional atau dijual.

7. Burung Cendrawasi

10 Hewan Endemik Indonesia Yang Terancam Punah

Burung cendrawasi merupakan burung yang memiliki habitat di pulau Papua. Bagi masyarakat papua burung cendrawasi dipercayai sebagai titipan dari surga karena burung cendrawasi memiliki bulu yang sangat indah.

Namun seiring berjalannya waktu populasi dari burung cendrawasi semakin menurun alias terancam mengalami kepunahan. Populasi burung cendrawasi yang semakin menurun diakibatkan oleh adanya perburuan liar di alam bebas untuk dijual. Selain itu kerusakan hutan di Papua juga menjadi penyebab burung cendrawasi menjadi punah.

8. Gajah Sumatera

10 Hewan Endemik Indonesia Yang Terancam Punah

Gajah Sumatra yang memiliki nama latin Elephas Maximus Sumatranus termasuk spesies gajah Asia yang habitatnya di pulau sumatra. Gajah sumatra memiliki postur tubuh yang lebih kecil dibandingkan postur tubuh gajah subspesies India. Keberadaan gajah sumatera tinggal sedikit dan terancam punah.

Diperkirakan populasi dari gajah sumatra ini tinggal 2000 hingga 2.700 ekor di alam liar. Gajah sumatra terancam punah disebabkan oleh adanya pembunuhan dan habitatnya yang rusak diakibatkan oleh ulah manusia.

9. Pesut Mahakam

10 Hewan Endemik Indonesia Yang Terancam Punah

Pesut Mahakam merupakan hewan mamalia yang termasuk dalam spesies lumba-lumba air tawar yang dapat dijumpai di perairan sungai mahakam Kalimantan Timur. Pesut mahakam juga termasuk dalam hewan yang terancam mengalami kepunahan.

Hal yang mengakibatkan populasi pesut mahakam tinggal sedikit yakni adanya pencemaran sungai mahakam oleh zat beracun yang digunakan nelayan untuk menangkap ikan dan berkurangnya pasokan makanan di habitat mereka. Diperkirakan populasi pesut mahakam tinggal 50 ekor.

10. Jalak Bali

10 Hewan Endemik Indonesia Yang Terancam Punah

Hewan terakhir yang terancam mengalami kepunahan yakni burung Jalak Bali. Burung yang satu ini merupakan spesies burung pengicau yang dapat dijumpai di hutan bagian barat pulau Bali.

Burung jalak bali juga memiliki kecantikan pada bulunya yang berwarna putih. Akan tetapi dibalik kecantikan dan keindahannya membuat burung jalak bali terancam mengalami kepunahan. Hal tersebut disebabkan terjadinya perburuan liar terhadap burung jalak bali untuk dijual. Populasi dari burung ini hanya tinggal 30 ekor saja di taman nasional Bali barat.

Nah, itulah tadi hewan endemi Indonesia yang terancam mengalami kepunahan. Marilah kita bersama-sama menjaga kelestarian alam agar hewan-hewan tidak kehilangan habitatnya. Semoga informasi yang kami berikan dapat memberikan manfaat. Sekian dan Terima Kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *