11 Cara Mudah dan Paling Ampuh Mengatasi HP Android Lemot

11 Cara Mudah dan Paling Ampuh Mengatasi HP Android Lemot

Setiap orang pasti memiliki yang namanya HP Android. HP yang memiliki sistem operasi Android memang lebih banyak di pakai dibandingkan dengan HP yang memiliki sistem operasi Ios. Namun seiring berjalannya waktu banyak pengguna HP Android mengeluhkan tetang performa HP Android mereka.

Pasang

Pasalnya HP Android yang telah lama digunakan atau telah digunakan selama bertahun-tahun pasti performa dari HP Android itu sendiri akan lemot atau lambat. Selain dari faktor usia dari HP Android yang anda gunakan, cara anda menggunakan HP Android tersebut bisa juga menjadi penyebab HP Android anda performanya lemot.

Jika HP android anda sudah mengalami lemot lantas apakah anda harus mengganti HP android anda dengan kualitas terbaru. Tentu saja tidak karena HP android yang mengalami lemot masih bisa di atasi dengan berbagai cara. Cara mengatasi HP android lemot pun sangat cukup mudah.

Anda tinggal memperaktekkan cara yang kami telah rangkum di bawah ini dan dijamin berhasil mengatasi HP android Lemot dengan mudah dan ampuh.Berikut kami telah merangkum 11 cara mudah dan ampuh mengatasi HP android lemot.

11 Cara mudah dan ampuh mengatasi HP android lemot.

1. Hapus aplikasi yang tidak terpakai

11 Cara mudah untuk mngatsi HP android lemot

Cara yang pertama yang kami rekomendasikan yakni menghapus aplikasi yang tidak terpakai. Cara yang pertama ini sangat kami anjurkan karena meghapus aplikasi yang tidak terpakai bisa membuat penyimpanan internal di HP android anda menjadi longgar.

Pasalnya jika aplikasi yang anda tidak gunakan di HP android anda maka peyimpanan internal pada HP android anda akan menjadi sempit dan performa dari HP android anda akan menurun.

Selain aplikasi yang anda download di play store ada juga aplikasi bawaan dari HP android itu sendiri. Aplikasi bawaan dari HP itu sendiri merupakan aplikasi yang pasti jarang anda gunakan akan tetapi aplikasi tersebut akan tetap berjalan walaupun anda jarang menggunakannya.

2. Perhatikan jumlah kapasitas memori

Setelah kami merekomendasikan cara pertama maka cara berikutnya yang kami rekomendasikan adalah memperhatikan jumlah kapasitas memori. Selain RAM jumlah kapasitas memori juga mempengaruhi performa dari handphone anda.

Jadi untuk mengatasi jumlah kapasitas yang membludak di memori internal pada handphone anda. Anda cuma perlu menghapus data data yang tidak terpakai atau tidak di perlukan lagi agar jumlah kapasitas dari memori internal pada handphone anda menjadi berkurang sehingga performa dari handphone anda bisa kembali lancar.

3. Gunakan 1 aplikasi antivirus saja

Jika anda ingin menghilangkan virus yang terdeteksi pada handphone, anda perlu menginstall aplikasi anti virus. Akan tetapi kami tidak menyarankan untuk penggunaan lebih dari satu aplikasi anti virus yang ada di handphone anda.

Pasalnya penggunaan aplikasi anti virus lebih dari satu sama saja dengan pemborosan penyimpanan handphone anda. Dikarenakan semua aplikasi anti virus memiliki fungsi yang sama sehingga kami menyarankan anda untuk menggunakan 1 aplikasi anti virus saja demi menghindari pemborosan penyimpanan di handphone anda dan terhindar dari performa HP lemot.

4. Konsisten update software

Setiap anda meneriman pesan atau notifikasi update software di handphone anda maka anda harus cepat untuk mengupdate software yang ada pada handphone anda. Pasalnya ketika anda mengupdate software yang ada di handphone anda maka otomatis masalah masalah dari sistem sebelumnnya akan di perbaiki sehingga performa dari handphone juga semakin meningkat

Namun anda perlu ketahui bahwa sebelum anda mengupdate sofware pada handphone anda maka anda harus mengecek kapasitas memori internal pada handphone anda. Tujuan pengecekan tersebut untuk megetahui apakah penyimpana memori internal pada handphone atau hp kalian mencukupi untuk melakukan update software.

Jika memori internal pada handphone anda tidak mengcukupi anda tinggal melakukan delete atau menghapus data-data yang tidak di perlukan atau aplikasi yang jarang anda gunakan.

5. Selalu bersihkan cache

Saran ke lima yang kami rekomendasikan adalah membersihkan cache. Cache merupakan tempat sementara untuk menyimpan data-data aplikasi yang anda gunakan atau aplikasi yang pernah anda gunakan. Manfaat cache sendiri yakni anda akan dengan cepat membuka aplikasi yang sebelumnya anda gunakan.

Namun data yang menumpuk atau di biarakan saja di cache merupakan hal yang tidak baik. karena data yang menumpuk tersebut dapat membuat performa dari handphone anda menjadi lemot. Sehingga kami menyarankan anda untuk selalu atau rutin membersihkan data cache di aplikasi yang anda gunakan.

6. Kurangi penggunaan widget yang tidak anda gunakan

Penggunaan widget pada handphone anda memang membuat handphone anda terlihat cantik dan keren. Namun penggunaan widget yang berlebihan dapat membuat performa dari HP atau handphone anda menjadi lemot.

Hal tersebut di karenakan penggunaan widget secara berlebihan juga menyita peyimpanan RAM yang sangat besar. Jadi kami menyarankan anda untuk menghapus widget yang anda tidak gunakan atau gunakanlah widget yang seperluhnya saja untuk menghindari performa HP lemot.

7. Matikan auto sync

Matikan auto sync juga masuk kedalam daftar untuk mengatasi HP android lemot. Dengan menon aktifkan fitur auto sync yang ada di handphone anda maka handphone anda akan terhindar dari lemot.

Akan tetapi ketika anda menon aktifkan atu sync maka anda akan kesulitan membuka bebrapa aplikasi yang ada handphone atau samrtphone kamu. Misalnya calendar atau email. Sebaiknya untuk menon aktifkan fitur auto sync ini anda harus memperhatikan terlebih dahulu kinerja HP android anda.

8. Lakukan factory reset

Dengan melakukan factory reset maka akan mempercepat kinerja dari handphone anda. Tujuan dari melakukan factory reset sendiri dapat membersihkan semua yang bertumpuk pada handphone anda.

Kami sangat menyarankan anda untuk melakukan factory reset secara bekala untuk mempercepat performa dari smartphone anda dan juga terhindar dari handphone lemot.

9. Gunakan fitur auto kill

Jika anda sering membuka aplikasi yang ada di handphone anda maka semakin banyak pula daftar aplikasi yang aktif di recent apps. Akibat dari aplikasi yang aktif di recent apps ternyata juga dapat menyita penyimpanan RAM di handphone anda.

Maka dari itu kami merekomendasikan anda untuk mengaktifkan fitur auto kill untuk membuat aplikasi tidak berjalan di backgorund sehingga handphone anda terhindar dari performa lemot.

10. Install aplikasi yang memiliki fitur serbaguna

Menginstall aplikasi yang memiliki fitur yang tidak berguna sama saja dengan membuang penyimpanan di handphone anda dan performa dari handphone anda akan menajdi lemot. Kami sarankan anda untuk memasang aplikasi yang memiliki fitur serbguna untuk handphone anda.

Dikarenakan aplikasi yang memiliki fitur serbaguna yang ada di handphone anda dapat membantu anda untuk melakukan berbagai hal seperti aplikasi serbaguna Clean Master yang mampu mendeteksi adanya virus, menghapus data-data yang tidak terpakai atau data yang menumpuk, dan mempercepat kinerja HP anda.

11. Gunakan Custom ROM

Menggunakan custom ROM ternyata dapat meningkatkan performa dari handphone anda. Pasalnya dengan menggunakan custom ROM anda juga bisa menggunakan ROM yang perfornya telah di tingkatkan performanya.

Selain itu custom ROM juga mampu mencoba sistem operasi terbaru jika vendor tidak lagi menyediakan sistem oprasi yag ada di HP anda.

Guys itulah tadi rangkuman 11 cara mudah dan ampuh untuk mengtasi HP android lemot. Semoga 11 cara trsebut dapat membantu anda dalam mengatasi yang HP android lemot.

Selamat mencoba !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *