5 Fakta Unik Rambu Solo, Ritual Kematian Yang Menghabiskan Miliyaran Rupiah

Toraja merupakan sebuah daerah atau wilayah yang terletak di provinsi Sulawesi Selatan. Toraja sendiri sangat terkenal dengan wisatanya bahkan banyak wisatawan lokal maupun asing yang berkunjung ke Toraja. Selain terkenal dengan wisatanya Toraja juga terkenal dengan ritualnya yakni Rambu Solo.

Rambu Solo merupakan sebuah ritual kematian atau pemakaman yang dilakukan oleh orang toraja untuk menghormati orang yang meninggal. Menurut orang toraja jika ritual ini tidak dilakukan atau dilaksanakan maka jiwa si mati atau orang yang meninggal akan mengalami hambatan untuk sampai ke nenek moyangnya.

Tak hanya itu saja terdapat beberapa fakta unik rambu solo yang perlu kalian ketahui. Lantas fakta unik apa sajakah tentang rambu solo? Nah, pada kali ini kami akan memberikan kalian informasi seputar 5 fakta unik tentang rambu solo. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

5 Fakta Unik Rambu Solo, Ritual Kematian Yang Menghabiskan Miliyaran Rupiah

1. Ritual yang menghabiskan miliyaran rupiah

5 Fakta Unik Rambu Solo, Ritual Kematian Yang Menghabiskan Miliyaran Rupiah

Fakta unik rambu solo yang pertama yakni ritual yang menghabiskan biaya hingga miliyaran rupiah.

Salah satu hal yang membuat rambu solo cukup terkenal yaitu biaya atau dana yang digunakan untuk melaksanakan ritual ini bisa mencapai miliyaran rupiah.

Hal tersebut dikarenakan banyaknya hewan yang dikurbankan saat ritual ini berlangsung. Adapun hewan yang dikurbankan saat rambu solo dilaksanakan yakni babi dan kerbau.

2. Menurut orang toraja jika ritual ini belum dilaksanakan maka orang yang meninggal masih dianggap sakit

Menurut orang toraja, orang yang meninggal dan belum dilakukan upacara pemakaman rambu solo maka orang yang meninggal tersebut masih dianggap sakit.

Biasanya jika keluarga belum mampu melakukan atau mengadakan ritual rambu solo maka mereka akan meyimpan anggota keluarganya yang meninggal di rumahnya dan merawatnya layaknya orang sakit.

Hal tersebut mereka lakukan agar ia bisa menabung atau mengumpulkan uang demi melaksankan ritual adat rambu solo dan mereka bahkan akan menyimpan mayat di rumahnya selama berbulan-bulan atau bertahun hingga keluarganya mampu melaksanakan ritual rambu solo

3. Jumlah yang Hewan dikurbankan

5 Fakta Unik Rambu Solo, Ritual Kematian Yang Menghabiskan Miliyaran Rupiah

Fakta unik rambu solo selanjutnya yakni jumlah hewan yang dikurbankan. Dalam ritual atau acara rambu solo kerbau dan babi merupakan hewan yang harus ada dalam ritual ini.

Pasalnya menurut keyakinan orang toraja, kerbau yang dikurbankan itu akan membawa roh orang yang sudah meninggal ke nenek moyangnya.

Adapun jumlah kerbau atau babi yang dikurbankan dalam ritual adat rambu solo ini yakni tergantung dari tingkat sosial masyarakat toraja. Jika orang toraja tersebut memiliki tingkat sosial yang tinggi maka semakin banyak kerbau dan babi yang dikurbankan pada saat acara rambu solo dilaksanakan.

4. Tradisi adu kerbau

5 Fakta Unik Rambu Solo, Ritual Kematian Yang Menghabiskan Miliyaran Rupiah

Tradisi adu kerbau atau yang biasa disebut dengan Mapasilaga Tedong merupakan sebuah ritual yang dilakukan pada saat acara rambu solo di mulai.

Tradisi ini akan mempertemukan dua kerbau yang akan saling berhadapan di dalam suatu arena pertunjukan. Jika salah satu kerbau meninggalkan arena pertandingan maka kerbau tersebut akan dianggap kalah. Selain itu tradisi adu kerbau ini juga menjadi hiburan bagi masyarakat toraja,

5. Pesta yang mengandung unsur saling membantu atau tolong menolong

5 Fakta Unik Rambu Solo, Ritual Kematian Yang Menghabiskan Miliyaran Rupiah

Fakta unik rambu solo yang terakhir yakni pesta yang mengandung unsur saling membantu atau tolong menolong. Walapun terkenal dengan biaya yang dikeluarkan untuk menggelar ritual ada rambu solo ini, akan tetapi ritual ini sebenarnya mengandung unsur saling membantu.

Hal tersebut dikarenakan, daging kerbau atau babi yang telah dikurbankan pada ritual adat rambu solo ini akan dibagikan atau disumbangkan bagi orang yang kurang mampu.

Nah, itulah tadi informasi seputar fakta unik rambu solo. Semoga informasi yang kami berikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian yah. Sekian dan Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *